Maulana Ahsan Seorang pelajar Bahasa Jepang yang menyukai Anime dan Jejepangan, dan sekarang sedang mendalami dunia online marketing.

Rekomendasi Anime Romance Comedy Terbaik

10 min read

Rekomendasi Anime Romance Comedy Terbaik

Mina-san konnichiwa, Ahsan desu 🙂

Kali ini Bahasa Jepang Asik akan menyuguhkan konten Rekomendasi Anime Romance Comedy Terbaik, semoga bermanfaat untukmu.

Rekomendasi Anime Romance Comedy Terbaik Cover
Rekomendasi Anime Romance Comedy Terbaik

Genre romance sebenarnya banyak digemari oleh penikmat anime, cuman menonton anime yang pure romance adalah hal yang cukup berat, apalagi bagi para tuna asmara yang haus akan kasih sayang.

Makanya genre romance comedy ini hadir, paling tidak bisa menetralkan sedikit keromantisan yang disajikan didalam animenya.

Aku pribadi cukup suka dengan genre romance atau komedi romance, alasan nya karena dialog bahasa Jepang di anime bernuansa romance itu lebih kepakek di real life, jadi bisa sambil belajar gitu. Selain itu jiwaku sudah cukup kuat untuk menerima semua damagenya.

Kalau gitu, langsung aja kita mulai bahas rekomendasi animenya.

Rekomendasi Anime Comedy Romance Terbaik (Update 2021)

Sebelumnya, jangan lupa subscribe channel Anime Asik dan nyalakan loncengnya, agak gak ketinggalan konten konten menarik lainya.

Youtube Anime Asik


Kaguya-sama: Love Is War

Kaguya-sama Love is War - Rekomendasi Anime Romance Comedy Terbaik
Kaguya-sama Love is War

Shuuchiin Gakuen adalah sekolah yang sangat bergengsi, di sekolah inilah cerita anime ini dimulai.

Tokoh utama anime ini adalah Shirogane Miyuki, ketua osis yang rajin, berprestasi dan juga sangat dihormati. Lalu heroin nya Shinomiya Kaguya, wakil dari Shirogane kaichou yang juga sangat dikenal di sekolah.

Jika sekilas melihat mereka berdua, terlihat seperti pasangan yang sangat ideal dan best couple dah. Tapi sebenarnya diantara mereka berdua terjadi peperangan besar setiap harinya, peperangan panjang yang tak tau kapan ujungnya.

Perang apakah itu? Sesuai judul animenya, Love is War.

Sebenarnya mereka berdua saling suka, tapi karena keduanya memiliki prinsip yang sama sama keras, jadi gak mau nembak duluan, karena yang nembak duluan adalah yang kalah dalam peperangan cinta ini.

Jadi mereka saling berperang membuat lawan nya nembak duluan.

Tapi keseruan anime ini bukan hanya terletak di 2 tokoh utamanya saja, tapi juga karakter lain yang juga berperan seperti Fujiwara Chika sang sekertaris, dan si bendahara nolep Ishigami Yuu.

Buat kamu yang belum nonton, gass nonton lah, asli seru banget komedi dan ceritanya.

Skor MyAnimeList

Trailer Kaguya-sama wa Kokurasetai


Wotakoi: Love is Hard for Otaku

Wotakoi Love is Hard for Otaku - Rekomendasi Anime Romance Comedy Terbaik
Wotakoi Love is Hard for Otaku

Otaku, atau mungkin kalau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan wibu adalah makhluk yang dipandang cukup rendah di lingkungan sosial.

Itulah yang menyebabkan Momose Narumi ingin sekali menyembunyikan identitasnya sebagai otaku, ditambah lagi Narumi habis putus dari mantan pacarnya gara gara ketahuan kalau dia otaku.

Tapi tanpa sengaja, dia bertemu dengan teman masa kecilnya yang juga otaku bernama Nifuji Hirotaka di kantor tempatnya bekerja, dan disanalah perjalanan romansa antar otaku ini berkembang.

Judulnya Wotaku ni koi wa muzukashii, artinya cinta itu sulit bagi otaku. Jadi sudah sangat jelas anime ini membahas tentang otaku yang merasa kesusahan dengan cinta, mulai dari topik pembahasan yang sempit, dipandang rendah di sosial dan banyak hal lainya yang membuat otaku susah cocok sama orang yang bukan otaku.

Hal itulah yang membuat Narumi dan Hirotaka merasa lebih nyaman kalau pacaran dengan sesama otaku.

Salah satu anime comedy romance yang asik untuk di tonton.

Skor MyAnimeList

Trailer Wotaku ni Koi wa Muzukashii


Seishun Buta Yarou

Seishun Buta Yarou - Rekomendasi Anime Romance Comedy Terbaik
Seishun Buta Yarou

Cerita bermula ketika cowok SMA bernama Azusagawa Sakuta sedang mencari buku di perpustakaan, tanpa sengaja Sakuta melihat seorang cewek cantik yang menggunakan kostum Bunny Girl atau cewek kelinci, cewek itu adalah Sakurajima Mai salah satu seniornya di sekolah.

Tapi anehnya meskipun menggunakan kostum yang seksi, mengapa orang orang terlihat mengacuhkan nya, Sakuta pun menghampiri Mai dan ngobrol denganya, Mai malah kaget kenapa Sakuta bisa melihatnya.

Obrolan singkat itu berakhir dan mereka pun berpisah, oh iya ternyata Mai dulu adalah seorang artis yang sangat terkenal dan sekarang sedang hiatus dari dunia entertain.

Singkat cerita ternyata alasan mengapa Mai tidak terlihat adalah karena dia pernah memiliki keinginan untuk menghilang karena bosan dengan keterkenalan nya, dan 4 hari sebelum ketemu Sakuta secara misterius orang orang tidak lagi bisa melihat Mai.

Makanya dia dengan sengaja menggunakan kostum bunny girl di perpustakaan untuk menguji, dan benar saja, tidak ada yang bisa melihatnya kecuali Sakuta. Nah fokus cerita dari anime ini adalah memecahkan hal misterius tadi yang disebut sebagai Fenomena Pubertas yang dialami oleh banyak orang termasuk Mai.

Comedy Romance nya bagus tapi ceritanya juga mantap, cocok buat di ikuti.

Skor MyAnimeList

Trailer Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai


3D Kanojo : Real Girl

3D Kanojo - Rekomendasi Anime Romance Comedy Terbaik
3D Kanojo – Real Girl

Kembali lagi dengan tokoh utama otaku, Tsutsui Hikari adalah seorang otaku nolep yang membenci lingkungan sosial, sejak kecil Tsutsui sudah tidak tertarik dengan kehidupan sosial dan juga sudah terbiasa dipandang rendah oleh orang lain.

Tapi pagi itu Tsutsui terlambat berangkat ke sekolah, dan tanpa sengaja bertemu dengan gadis populer di sekolahnya bernama Igarashi Iroha, mereka berdua dihukum membersihkan kolam renang bersama.

Terjadilah percakapan diantara mereka berdua, dan setelah itu tanpa terduga Iroha nembak Tsutsui.

Tsutsui malah marah karena merasa dipermainkan, tapi setelah itu banyak hal yang terjadi, membuat mereka berdua pacaran.

Anime yang menyajikan kehidupan pasangan yang berbeda backround dan ketertarikan, tapi hal inilah yang membuat hubungan mereka banyak drama, dan drama itulah yang bikin seru.

Skor MyAnimeList

Trailer 3D Kanojo : Real Girl


Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Gekkan Shoujo Nozaki-kun - Rekomendasi Anime Romance Comedy Terbaik
Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Anime romcom ini berkisah tentang Siswi kelas 2 SMA bernama Sakura Chiyo yang menyukai seorang cowok bernama Nozaki Umetarou.

Saat itu setelah sekolah selesai, Chiyo menyiapkan dirinya untuk melakukan hal yang sangat penting di hidupnya. Yaitu nembak Nozaki.

Tapi karena saking gugupnya, Sakura malah mengakatakan kalau dia nge fans sama Nozaki, dan balasan yang dia dapatkan juga bukan jawaban atas perasaan nya, Nozaki malah memberikan tanda tangan nya.

Ya emang bener sih, kan emang ngakunya fans.

Anime ini kebanyakan berfokus di cerita yang harusnya romantis tapi malah terpatahkan karena komedi sih, jadi sangat aman buat kalian yang gak kuat dengan romance.

Skor MyAnimeList

Trailer Gekkan Shoujo Nozaki-kun


Toradora

Toradora
Toradora

Judul dari anime ini diambil dari 2 tokoh utamanya, Tora yang artinya harimau merujuk ke tokoh utama ceweknya yaitu Aisaka Taiga, Taiga Tiger Tora dan Dora adalah kependekan dari doragon, yang merujuk ke tokoh utama cowok yaitu Takasu Ryuuji, Ryuu artinya naga, naga doragon dora. Jadilah judul ToraDora.

Eh kenapa jadi bahas hal hal gitu dah, sorry kita balik lagi ke sinopsis animenya.

Taiga dan Ryuuji adalah 2 orang legendaris yang ditakuti di sekolahan.

Semua berawal ketika Taiga ingin memberikan surat cinta ke teman Ryuuji yaitu Kitamura, ternyata Taiga malah salah dan menaruh surat itu di loker Ryuuji, disanalah ceritanya bermula.

Perjalanan cinta segitiga yang dipenuhi dengan hal hal unik dan lucu, cerita awal anime ini cukup membosankan tapi makin ketengah makin terasa asik banget buat di tonton, cobain deh.

Skor MyAnimeList

Trailer Toradora


Yamada-kun to 7-nin no Majo

Yamada-kun to 7-nin no Majo
Yamada-kun to 7-nin no Majo

Yamada, seorang anak SMA yang sangat beruntung, kenapa bisa beruntung? Mari kita bahas dari awal.

Yamada adalah seorang pemuda yang suka gelud dan pemalas saat pelajaran berlangsung. Berbading terbalik dengan Shiraishi, dia adalah seorang siswi cantik imut dan pintar.

Tanpa sengaja Yamada dan Shiraishi terjatuh bersama dari tangga, dan mereka berdua pingsan.

Ketika Yamada terbangun, ternyata dia bertukar tubuh dengan Shiraishi, disinilah cerita supranatural dimulai. Mereka berdua mencari cara untuk bertukar kembali, mulai dari mengulang jatuh dan sampai akhirnya mereka menemukan cara bertukar tubuh kembali, yaitu dengan ciuman.

Ternyata di Sekolah ada 7 penyihir cewek yang memiliki kekuatan berbeda beda, dan Yamada adalah seseorang yang berperan penting untuk masa depan para penyihir itu.

Udah tau ya keberuntungan Yamada segede apa, bisa cium cium semua penyihir cewek yang kawaii. Tapi jangan anggap anime ini cuma berisi fanservise ya, ceritanya bagus dan seru kok.

Ngelanjutin pembahasan di video sebelumnya, Kali ini Aku masih punya 7 daftar anime romance comedy yang juga sangat layak buat kamu tonton. Buat kamu yang belum nonton episode sebelumnya, bisa cek tulisan yang ada di pojok kanan atas video.

Seperti biasa, sebelum masuk ke pembahasan, jangan lupa subscribe channel Anime Asik dan nyalakan loncengnya ya, Aku akan sajikan banyak konten konten menarik tentang anime.

Skor MyAnimeList

Trailer Yamada-kun to 7-nin no Majo


ReLife

Relife
ReLife

Anime pertama yang akan kubahas adalah ReLife, anime yang sangat relate sama kita “orang yang beranjak dewasa”.

Menjadi dewasa itu tidak semudah yang kita bayangkan dulu waktu masih jaman sekolah, hal itu juga yang dirasakan oleh seorang pria bernama Kaizaki Arata, seorang pengangguran berumur 27 tahun yang menjalani beratnya hidup setiap hari.

Mulai dari kesusahan keuangan, bingung dengan masa depan nya dan juga menyembunyikan identitas kalau dirinya sedang menganggur.

Jadi meskipun Arata nganggur tapi dia kadang masih datang ketika temen temen nya ngajak minum sambil ngomongin kerjaan, meskipun berat tapi tetap dia lakukan demi menjaga rahasianya.

Suatu malam ketika dia pulang dari acara minum minum, dia bertemu dengan seorang pria yang mengaku dari Laboratorium ReLife, dan menawarkan Arata untuk menjadi objek eksperimen mereka untuk mengulang kembali masa masa SMA.

Karena tawaran nya sangat menguntungkan, Arata pun mengambil tawaran tersebut dan mulai menjalani hidup sebagai cowok SMA. Dari sinilah banyak drama dan hal hal unik terjadi.

Asli deh, untuk orang kayak aku yang merasa menyianyiakan masa masa SMA ku, pengen banget gitu ikutan project ReLife.

Skor MyAnimeList

Trailer ReLife


Nisekoi : False Love

Nisekoi
Nisekoi

Nisekoi berarti cinta palsu, anime ini bercerita tentang kisah cinta segitiga antara Raku, Chitoge dan Onodera, beginilah awal ceritanya.

Ichijou Raku adalah penerus dari sebuah kelompok yakuza. Di sekolah, Raku menyukai seorang gadis bernama Onodera Kosaki, dan sebenarnya Onodera juga menyukai Raku, tapi mereka sama sama malu untuk mengungkapkan nya.

Sampai suatu hari Raku dijodohkan dengan anak dari kelompok mafia yaitu Kirisaki Chitoge, keduanya pernah mengalami kejadian yang tidak enak ketika di sekolah, jadi sebenarnya mereka berdua menolak pertunangan tersebut.

Hanya saja, karena pertunangan itu bertujuan untuk mendamaikan kedua kelompok agar tidak bertikai jadi Chitoge dan Raku berpura pura menyukai satu sama lain dan menjadi pasangan.

Awalnya Raku tetap menyukai Onodera tanpa peduli Chitoge, sampai akhirnya banyak yang yang terjadi yang membuat cinta segitiga ini cukup rumit tapi sangat seru untuk di tonton.

Skor MyAnimeList

Trailer Nisekoi


RikeKoi

RikeKoi
RikeKoi

Salah satu anime romance comedy yang sangat asik untuk di tonton, bercerita tentang dua orang peneliti yaitu Himuro Ayame dan Yukimura Shinya yang mencoba membuktikan cinta dengan metode metode sains.

Mereka melakukan banyak percobaan dan perhitungan untuk membuktikan kalau mereka saling cinta.

Mungkin kayak gitu cerita ringkasnya sih, detailnya bisa kamu tonton sendiri.

Skor MyAnimeList

Trailer Rikei ga Koi ni Ochita no de Shoumei shitemita


Ore Monogatari

Ore Monogatari
Ore Monogatari

Gouda Takeo adalah cowok yang berbadan besar, tinggi dan kuat. Semua murid laki laki di sekolahnya sangat mengagumi Takeo karena kebaikan dan kekuatan nya.

Tapi sebaliknya, banyak cewek yang ketakutan padanya. Karena hal itulah Takeo jadi cowok yang tidak memiliki pengalaman percintaan sampai dia SMA.

Sampai suatu saat, di kereta dia melihat seorang cewek imut yang sedang dilecehkan oleh laki laki. Tanpa pikir panjang Takeo langsung menangkap laki laki tersebut dan menyerahkan nya ke pihak yang berwajib.

Lalu gadis imut yang dia tolong mengucapkan terima kasih padanya, Takeo pun langsung jatuh cinta.

Namun karena tidak pd jadi takeo cuma bisa memendam perasaan nya.

Cewek yang ditolong Takeo bernama Yamato Rinko, ternyata diluar dugaan Yamato sangat terkesan dengan apa yang dilakukan Takeo, dan menyukai Takeo.

Karena Takeo sangat pasif, jadinya Yamato lah yang sering inisiatif mendekati Takeo, tentu saja juga dibantu oleh teman Takeo yaitu Sunakawa Makoto. Disinilah perjalanan mereka dimulai. Dengan menonton anime ini, kamu akan disuguhkan oleh banyak sudut pandang yang unik, asik dah pokok nya.

Skor MyAnimeList

Trailer Ore Monogatari


Horimiya

Horimiya
Horimiya

Yang selanjutnya ada anime yang baru populer akhir akhir ini, yaitu Horimiya.

Judulnya adalah singkatan dari Hori dan Miyamura, berkisah tentang seorang anak pendiam dan misterius bernama Miyamura yang tidak memiliki teman di sekolah.

Dan Hori, seorang cewek yang cantik, rajin dan populer di sekolahnya.

Karena sebuah kejadian tidak sengaja yaitu adik Hori tersesat, Hori dan Miyamura dipertemukan.

Hori kaget karena Miyamura yang dia temui di rumah dan di sekolah sangat berbeda, singkat cerita hubungan mereka dimulai disana. Inti cerita anime ini berputar di hubungan percintaan ala anak SMA gitu lah.

Asik dan gak usah mikir ketika nonton, cukup nikmati aja.

Skor MyAnimeList

Trailer Horimiya


Kaichou wa Maid-sama

Kaichou wa Maid sama
Kaichou wa Maid sama

Ketua osis adalah jabatan yang sangat berperan untuk mentertibkan para murid, peran ini diemban oleh Misaki, seorang cewek yang tomboy, galak dan tak kenal ampun kepada para cowok yang bikin onar di sekolah, tapi sebaliknya dia sangat baik kepada para cewek.

Galaknya Misaki kepada para cowok bukannya tanpa alasan, namu hal ini disebabkan oleh ayahnya yang tidak bertanggung jawab dan meninggalkan keluarganya, akhirnya Misaki tumbuh menjadi gadis yang sangat membenci lelaki.

Misaki juga bekerja paruh waktu di sebuah Maid Cafe untuk membantu perekonomian keluarganya, karena ditinggal sang ayah jadinya hanya ibunya saja yang bekerja.

Nah, meskipun Misaki sangat galak kepada cowok, bukan berarti dia tidak populer. Malahan banyak cowok yang suka dengan nya, hanya saja tidak ada yang mampu menaklukkan Misaki.

Sampai suatu ketika ada seorang pemuda tampan bernama Usui yang mulai masuk di kehidupan Misaki.

Cerita anime ini berfokus pada perjalanan mereka berdua dalam merajut hubungan, tentu saja ada banyak scene komedinya kok meski gak sebanyak Nozaki-kun.

Skor MyAnimeList

Trailer Kaichou wa Maid-sama


Ookami Shoujo to Kuro Ouji

Ookami Shoujo to Kuro Ouji
Ookami Shoujo to Kuro Ouji

Berkisah tentang gadis SMA bernama Shinohara Erika yang berpura pura berpacaran dengan cowok tampan demi bisa berbaur dengan teman teman nya di sekolah.

Ternyata teman Erika mulai pada curiga kalau Erika sebenarnya berbohong kalau punya pacar, soalnya mereka tidak pernah melihat muka pacarnya Erika, mendengar teman nya yang meragukan nya, Erika pun berpikir cara untuk meyakinkan teman nya.

Pada saat Erika ngobrol di cafe, tiba tiba Erika melihat seorang cowok tampan yang sedang berjalan, tanpa menunggu lama Erika segera membuntuti cowok tersebut. Lalu dengan nekat Erika memfoto wajah cowok tersebut lalu melarikan diri.

Ternyata cowok yang difoto oleh Erika adalah kakak kelas dia di Sekolah yang bernama Sata Kyouya.

Ketika Erika menunjukkan foto orang yang dia akui sebagai pacar, ternyata teman Erika pun sadar kalau cowok tersebut adalah kakak kelas mereka, dan segera mencari keberadaan Kyouya.

Erika yang panik kalau kebohongan nya terbongkar, segera mengajak Kyoya menghindari teman teman nya lalu menjelaskan kondisinya, ternyata Kyoya tidak masalah untuk menjadi pacar bohongan nya Erika, dengan syarat Erika harus mau jadi anjing Kyoya dan menuruti semua perintahnya.

Sebuah kisah cinta yang unik deh, kalau pengen tau keseruan nya langsung tonton sendiri aja.

Skor MyAnimeList

Trailer Ookami Shoujo to Kuro Ouji


Versi Video dari Konten ini

Penutup

Mungkin sekian untuk konten kali ini, anime apa yang paling kamu favoritkan?

Makasih buat kamu yang udah baca tulisan Rekomendasi Anime Romance Comedy Terbaik sampai akhir, dan sampai jumpa di konten Anime Asik selanjutnya.

Aku bikin E-book tentang tips belajar bahasa Jepang agar lebih mudah.
Semua berdasarkan pengalamanku.

Klik tombol di bawah ini untuk ngedapetin E-booknya.

Dapatkan Ebooknya

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Teman Kamu.
Maulana Ahsan Seorang pelajar Bahasa Jepang yang menyukai Anime dan Jejepangan, dan sekarang sedang mendalami dunia online marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *