Ahsan Seorang pelajar Bahasa Jepang yang menyukai Anime dan Jejepangan, dan sekarang sedang mendalami dunia online marketing.


Anime ini Ceritanya Mirip “KKN di Desa Penari” ~ Higurashi no Naku Koro ni

5 min read

Anime ini Ceritanya Mirip "KKN di Desa Penari" ~ Higurashi no Naku Koro ni
Anime ini Ceritanya Mirip "KKN di Desa Penari" ~ Higurashi no Naku Koro ni
Anime ini Ceritanya Mirip “KKN di Desa Penari” ~ Higurashi no Naku Koro ni

Mina-san Konnichiwa, Ahsan desu 🙂

Kembali lagi dengan saya di pembahasan topik anime, setelah sebelumnya saya membahas tentang tate no yuusha, kali ini saya mau mengangkat tema yang lagi booming saat ini (1 September 2019) yaitu Anime yang Ceritanya Mirip “KKN di Desa Penari” ~ Judulnya Higurashi no Naku Koro ni.

Saya sangat senang sekali membahas topik anime dan sejenisnya, karena saya sendiri adalah seorang penikmat karya karya tersebut. Dan bisa jadi kedepan nya Blog Bahasa Jepang Asik akan banyak sekali membahas tema anime.

Lanjut.

Akhir akhir ini, rame banget se Indonesia membahas tentang kisah yang ditulis oleh akun twitter @simplem81378523 atau yang kerap disapa SimpleMan, yang berjudul “KKN di Desa Penari

Saya sudah membaca lengkap dan sering juga mendiskusikan nya dengan teman, tapi ya untuk konteks bahan obrolan aja, nah bagi kalian yang penasaran, bisa baca juga ceritanya, sudah banyak juga yang membasah.

2 Hari lalu tiba tiba saya ter bersit dengan salah satu anime yang ceritanya mirip dengan kisah KKN di Desa Penari tersebut, ini dari prespektif saya sebagai penonton anime ini dan pembaca kisah diatas.

Saya sudah melihat anime ini versi lengkap 2 kali, dan sampai saat ini masih suka.

File nya masih saya simpan di hardisk, karena siapa tau suatu saat pengen nonton lagi, karena bagi saya ini anime yang sangat menarik, apalagi bagi penikmat genre misteri.

Anime apa yang saya maksud ? tentu kamu sudah tau, karena sudah saya singgung di judul wkwk. Tapi ya sudah lah, langsung mari kita bahas.

Detail Anime Higurashi no Naku Koro ni

Review Anime Higurashi no Naku Koro ni
Review Anime Higurashi no Naku Koro ni
Informasi Anime
Judul Bahasa Inggris When They Cry
Judul Sinonim When the Cicadas Cry, The Moment the Cicadas Cry
Judul Bahasa Jepang ひぐらしのなく頃に
Judul Bahasa Indonesia Ketika Serangga Menangis, Ketika Jangkrik Menangis
Tipe Acara TV
Jumlah Episode 26
Status Selesai Tayang
Tayang 5 April 2006 Sampai 27 September 2006
Tayang Perdana Musim Semi 2006
Siaran Rabu Pukul 01:30 (Waktu Jepang)
Produser Geneon Universal Entertainment, Frontier Works, Sotsu, DAX Production
Sumber Visual Novel
Genre Mystery, Dementia, Horror, Psychological, Supernatural, Thriller
Durasi 24 menit per episode
Rating R – 17+ (Banyak adegan kekerasan dan tidak pantas)

Sebuah karya anime yang diperlukan pemikiran untuk menyatukan semua bagian cerita. Akan saya sertakan juga pendapat saya tentang anime ini.

Penilaian Saya Tentang Anime Ini

Saya pribadi menyukai anime ini, karena dari segi cerita sangat menarik dan mencekam bagi saya sebagai penonton.

Selain itu, semua misteri di dalam anime ini sangat tersusun rapi meskipun awalnya saya juga bingung, namun itu semua membuat saya menjadi tidak bosan dalam menonton nya.

Tidak jauh berbeda, di situs review anime terbesar, yaitu MyAnimeList.net

Anime Higurashi no Naku Koro ni ini mendapatkan rating yang sangat baik, yaitu 8.06 dari 10 oleh 240.000 an user yang memberikan rating.

Kemiripan Dengan Cerita Viral “KKN di Desa Penari”

Beberapa hari yang lalu, saya merasa kalau cerita KKN ini mirip dengan anime misteri yang sudah saya tonton sejak lama, dan banyak kemiripan di beberapa part.

Makanya saya memutuskan untuk menulis artikel ini, tapi pertama tama saya akan memberikan disclaimer kepada kamu yang sedang membaca artikel ini.

Disclaimer

* Spoiler Alert *
Saya disini akan memberikan banyak informasi yang terjadi di dalam anime Higurashi no Naku Koro Ni yang akan berpotensi spoiler.

Jika Kamu tidak ingin terkena spoiler, maka baca artikel lain saja di blog Bahasa Jepang Asik ini, InsyaaAllah bermanfaat dan tonton sendiri anime nya nanti.

Setelah ini akan saya jabarkan banyak persamaan tentang anime ini dengan cerita yang sedang viral saat ini, yaitu “KKN di Desa Penari“.

Semua yang ada di konten ini, adalah murni pendapat saya pribadi, jika ada yang tidak setuju atau tidak sependapat dengan tulisan saya ini, dimohon untuk memaklumi hehe.

 


一 Berlatar di Desa di Tengah Hutan

Persamaan dari kedua cerita diatas yang pertama adalah memiliki latar tempat di desa kecil di tengah hutan, dan tidak ada desa lain selain desa tersebut.

Dalam cerita KKN di Desa Penari, latar tempatnya ada di sebuah desa di area timur provinsi Jawa Timur, yang nama tempat dan kotanya masih di rahasiakan oleh penulis kisah. Tempat itu memiliki tradisi dan kebudayaan jawa yang masih kental.

Sedangkan anime Higurashi no Naku Koro ni, berlatar di sebuah desa bernama Hinamizawa yang merupakan desa kecil yang ditempati oleh orang lokal yang juga masih sangat menjunjung budaya tradisionalnya.

二 Memiliki Latar yang Ada di Dunia Nyata

Hal menarik dari kedua cerita yang kita bahas kali ini adalah, keduanya memiliki latar tempat yang merupakan tempat di dunia nyata, bukan tempat fiktif.

Desa Penari ini adalah tempat yang benar benar ada namun dalam cerita semua disamarkan demi privasi dan kepentingan semua pihak yang terkait dengan insiden itu.

Sedangkan Desa Hinamizawa ini berbeda, karena tempatnya benar benar ada dan kita bisa mengetahui nya namun dengan nama yang lain. Namanya adalah Desa Shirakawa, yang berada di Prefektur Gifu, Jepang.

Desa ini adalah model untuk Desa Hinamizawa di anime Higurashi no Naku Koro ni.

Meskipun cerita mistis nya tidak benar benar ada, karena anime Higurashi ini merupakan karya visual novel fiktif, bukan pengalaman nyata.

Berikut ini adalah penampakan desa Shirakawa yang saya ambil dari situs free image unsplash.

Desa Shirakawa di Jepang, Latar Tempat Higurashi no Naku Koro ni
Desa Shirakawa di Jepang, Latar Tempat Higurashi no Naku Koro ni

三 Desa Yang Memiliki Banyak Misteri

Hal menarik lainya adalah, kedua tempat di ceritanya adalah lokasi desa yang sangat tertutup dan banyak sekali misteri yang masih tersimpan.

Pada Desa Penari, ada banyak sekali aturan yang bagi orang luar tidak mudah dimengerti, misalnya tidak boleh melewati petilasan, batu nisan yang diberikan kain hitam dan lain sebagainya.

Banyak juga misteri seperti, pertunjukan tari yang ditujukan pada lelembut disana, dan penarinya akan ditumbalkan.

Sama halnya dengan Desa Hinamizawa, banyak sekali misteri yang dipendamnya, misalnya tidak boleh mendekati apalagi masuk ke kuil Oyashiro Sama, yang dipercaya penduduk setempat sebagai dewa penjaga desa, dan banyak aturan lain.

Dan detiap tahun, saat perayaan Festival Watanagashi (Festival Penghanyutan Kapas) ada satu orang yang meninggal dengan cara yang tidak wajar, dan satu orang menghilang.

四 Tokoh Utama Adalah Pendatang

Tokoh utama dalam cerita KKN di Desa Penari adalah segerombolan Mahasiswa, yang berjumlah 6 orang yang bernama Widya, Nur, Ayu, Bima, Wahyu, dan Anton. Mereka disana bertujuan untuk mengadakan penelitian di desa tersebut untuk proker (program kerja) mereka.

Sedangkan pada anime Higurashi, tokoh utama nya adalah seorang anak SMA bernama Maebara Keichi, yang pindah dari kota ke Desa Hinamizawa karena pekerjaan Ayahnya.

Keichi bertujuan melanjutkan SMA nya di sebuah sekolah di Desa tersebut, namun ternyata banyak kejadian aneh yang Keichi alami selama disana.

五 Cerita Tentang Melanggar Aturan Setempat

Banyak petaka yang terjadi, baik di cerita KKN ataupun di anime Higurashi, namun ada kesamaan di bagian ini, yaitu ada orang yang melanggar peraturan di desa setempat.

Di cerita KKN, Bima dan Ayu telah melanggar peraturan disana, yaitu tidak boleh melewati petilasan batas desa. Namun mereka melewati batas dan bahkan melakukan hal yang tidak baik disana.

Sedangkan di anime Higurashi, ada peraturan yang harus dipatuhi semua penduduk, yaitu tidak boleh memasuki kuil oyashiro sama, namun ada 4 orang yang melanggar itu. Maebara Keichi, Shinozaki Shion, Takano Miyo dan Tomitake Jirou.

六 Adanya Korban Meninggal Dalam Tragedi

Semua orang yang melanggar aturan dalam cerita menjadi korban meninggal dunia.

Dalam cerita KKN, Bima meninggal setelah beberapa saat dibawa pulang keluarga, dengan keadaan masih ketakutan dan kejang. Dan Ayu meninggal setelah 3 bulan dari kejadian tersebut dengan keadaan badan kaku dan tidak dapat menutup matanya.

Dalam anime Higurashi, semua orang yang masuk kedalam kuil oyashiro sama meninggal. Takano Miyo dan Tomitake Jirou meninggal setelah festival Watanagasi. Mayat Takano berada di tong yang berisikan air panas, sampai tinggal tulang belulang saja, dan Tomitake meninggal dengan cara mencakar lehernya sendiri sampai kehabisan darah.

Meskipun tidak semuanya benar (karena ada misteri disini, jadi tidak saya sebutkan, biar gak spoiler banget, bisa kamu tonton sendiri).

Banyak misteri yang akan jadi gak asik kalau saya ceritakan wkwk.

七 Dikisahkan dalam Berbagai Sudut Pandang

Nah persamaan yang terakhir adalah, kedua kisah ini diceritakan dari beberapa sudut pandang.

Dalam cerita KKN, ada dua versi yang saling melengkapi yaitu cerita perspektif Widya dan cerita perspektif Nur, semua cerita itu tersusun rapi, jadi saya sebagai pembaca merasa asik bacanya.

Sama juga dengan Anime Higurashi, dalam anime ini akan terbagi jadi banyak chapter, dan semua chapter memiliki sudut pandang yang berbeda, sehingga saya sebagai penonton ada perasaan asik dan tertantang memahami serta mencocokkan semua part dari cerita.

Penutup

Sekian dari saya Ahsan, di pembahasan Bahasa Jepang Asik kali ini, semoga tulisan saya tentang Anime ini Ceritanya Mirip “KKN di Desa Penari” ~ Higurashi no Naku Koro ni, ini asik untuk anda baca, dan sedikit bermanfaat untuk Anda.

Mungkin saya akan menulis banyak artikel tentang anime, dorama dan lainya disini, agar topiknya lebih luas lagi hehe.


Jika ada yang ditanyakan tentang konten yang sedang kita bahas kali ini, langsung saja tanyakan di kolom komentar dibawah ya. ⇊⇊

Ahsan Seorang pelajar Bahasa Jepang yang menyukai Anime dan Jejepangan, dan sekarang sedang mendalami dunia online marketing.

6 Replies to “Anime ini Ceritanya Mirip “KKN di Desa Penari” ~…”

  1. Aku dah nebak kalo anime nya pasti Higurashi no naku koroni. Bener-bener cerita yg rumit dalam anime nya. Menurutmu, siapa dalang dari anime ini min? Aku udah nebak org ini, tapi, ada cerita lain yang dalangnya juga berbeda….

    Haduh bingung mau ngungkapin siapa dalang aslinya.

    1. Haha iya emang anime ini penuh misteri.
      Aku udah lama ya lihatnya, dan kemarin sebelum buat artikel ini aku cuma nonton season 1 saja wkwk
      Seingetku sih paling mencurigakan adalah *”Takano Miyo”* 😀

  2. Takano miyo yang adiknya itu ya?

    (Kenapa setiap komentar disini, gak selalu aktif di pemberitahuan emailku, ya san?)

    Bisa kau beritahu sedikit? Mengenai komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *