Muhammad Maulana Ahsan Seorang pelajar Bahasa Jepang yang menyukai Anime dan Jejepangan, dan sekarang sedang mendalami dunia online marketing.

Tips Mudah Belajar Bahasa Jepang Dengan Nonton Anime

5 min read

Tips Cepat Belajar Bahasa Jepang Dengan Nonton Anime
Tips Cepat Belajar Bahasa Jepang Dengan Nonton Anime
Tips Cepat Belajar Bahasa Jepang Dengan Nonton Anime

Mina-san Konnichiwa, Ahsan desu πŸ™‚

Kembali lagi dengan saya dengan pembahasan ringan namun bermanfaat dari Bahasa Jepang Asik hehe, kali ini saya mau membahas tentang Tips Belajar Bahasa Jepang Dengan Nonton Anime.

Mungkin sudah menjadi rahasia umum jika banyak orang yang sedang belajar bahasa Jepang awalnya adalah karena karya yang berasal dari Jepang, nah salah satu yang paling umum dan ramai diminati adalah anime.

Saya adalah termasuk orang yang sangat suka nonton anime, karena menurut saya banyak anime yang memiliki cerita yang unik, seru dan memuaskan dibanding tontonan yang lain.

Saya termasuk rutin menonton anime, meskipun tidak mengikuti semua anime tiap musim tapi banyak sekali anime yang telah saya tonton dan saya koleksi, bahkan di hardisk saya mungkin ada ratusan anime yang tersimpan wkwk.

Saking sukanya saya dengan anime, saya bahkan membuat sub topik di blog Bahasa Jepang Asik ini, yang saya beri judul “Anime Asik” disana saya mengulas, merekomendasikan, mengupload quote dan semua yang berhubungan dengan anime.

Saya dulu awalnya ingin belajar bahasa Jepang agar bisa nonton anime tanpa subtitle, dan banyak orang yang belajar bahasa jepang yang saya temui juga memiliki alasan awal yang sama, yaitu anime. Itulah di masyarakat mengapa bahasa Jepang itu identik sekali dengan wibu.

Karena predikat wibu ini biasanya disematkan pada orang orang yang maniak anime dan jejepangan, tapi ya sudah lah, diluar semua persepsi itu saya emang suka nonton anime.

Dan menurut saya menonton anime itu memiliki banyak manfaat jika dimanfaatkan untuk belajar bahasa Jepang, apa sajakah manfaatnya dan bagaimana cara saya belajar menggunakan metode pembelajaran anime, mari kita bahas bersama.

Manfaat Dari Menonton Anime

Banyak orang awam yang tidak mengetahui tentang anime dan kadang suka berpendapat sendiri, misalnya ibu saya, sering ngatain saya kalau nonton anime “Dari kecil sampek gede kok tontonan nya kartun terus” padahal anime genrenya banyak banger wkwk.

Kalau bagi saya, anime ini memiliki banyak sekali manfaat untuk menunjang kita mengembangkan kemampuan bahasa jepang kita, berikut ini adalah beberapa manfaat yang saya dapat ketika nonton anime.

Melatih Listenging (Choukai)

Mungkin kita semua sudah tau, kalau test JLPT itu ada soal listening (mendengar) di bagian akhir sesi ujian. Dan point nya cukup tinggi untuk soal listening ini, yaitu menunjang 1/3 dari total nilai yang bisa kita dapatkan.

Menonton anime akan membuat telinga kita terbiasa dengan percakapan berbahasa Jepang, jadi sudah tidak bingung lagi dalam menyimak percakapan saat ujian.

Karena menurut pengalaman saya, dengan banyak menonton anime dan membiasakan mendengar obrolan berbahasa Jepang, saya bisa mendapat nilai 59/60 di sesi listengin ujian JLPT N3 yang saya ikuti desember 2019 lalu, dan point dari choukai ini sangat membantu saya untuk lulus level N3.

Jadi jika kamu memiliki tujuan yang jelas dalam menonton anime, maka pertahankan itu meski banyak orang yang gak faham tentang yang sedang kamu lakukan hehe.

Memperbanyak Kosa Kata (Kotoba)

Manfaat lain nya adalah memperbanyak pembendaharaan kata atau yang biasa kita sebut kotoba, karena dengan banyaknya anime yang telah kita tonton pasti banyak sekali kata yang telah diucapkan dalam anime nya.

Dan menurut saya metode menghafal dari anime ini bisa lebih efektif daripada menghafalkan kosa kata yang ada di buku, karena kalau dalam percakapan anime akan lebih mudah di ingat, tapi ini menurut saya yang lebih suka metode pembelajaran dengan audio dan visual.

Bisa jadi metode pembelajaran terbaik kamu berbeda dengan saya.

Mengerti Penggunaan Tata Bahasa

Dalam anime kita pasti juga akan menemukan banyak penerapan tata bahasa yang sering kita baca di buku pelajaran bahasa jepang, nah dengan menonton anime kita akan mengerti penggunaan nya dalam setiap kondisi dan situasi.

Tentu saja tergantung genre animenya juga ya, kalau misalnya genre samura yang hidup di zaman dahulu akan ada orang yang ngomong dengan de gozaru, yang kalau kamu gunakan di duninya nyata saat ini akan sangat aneh.

Makanya pilah pilah juga setiap kosa kata dan tata bahasa yang kamu dapatkan dari anime.

Tau Berbagai Jenis Bahasa

Yang saya maksud tau berbagai jenis bahasa ini adalah bahasa sopan, biasa dan juga bahasa kasar.

Kalau anime yang bertemakan pekerjaan formal maka bahasa formal dan sopan yang akan sering kita dengar dalam percakapan nya. Namun jika anime yang fokus dengan kehidupan sehari hari, sekolah, anime gelud biasanya yang akan sering kita dengar adalah bahasa biasa dan sering juga bahasa kasar.

Selain itu di berbagai anime kadang kita akan menemui Hougen 方言 atau yang bisa diartikan dengan dialek.

Misalnya di anime Boku Dake Ga Inai Machi, akan sering kita dengan dialek Hokkaido, atau pada anime Kimi no Iru Machi maka kita akan mendengar tokoh utamanya selalu bicara dengan dialek Hiroshima, dan masih banyak contoh yang lain.

Tau Penempatan Bahasa Untuk Setiap Situasi

Dan manfaat yang terakhir adalah bisa membuat kita tau penempatan bahasa pada setiap situasi.

Karena dalam pelajaran bahasa Jepang biasanya kita sering diajari dengan bahasa sopan yang menggunakan masu, desu dan sebagainya, namun di kehidupan sehari hari sebenarnya orang Jepang sering berkomunikasi dengan bahasa biasa, apalagi jika dengan teman nya.

Namun ada beberapa situasi yang kita harus menggunakan bahasa formal, dan kadang juga bergantung dengan siapa kita berbicara. Dengan menonton anime mungkin bisa sedikit membuat kita mengerti tentang penempatan bahasa dalam berbagai situasi dan juga penempatan sesuai siapa lawan bicara kita.

Tips Cepat Belajar Bahasa Jepang Dengan Menonton Anime

Setelah apa yang saya sebutkan diatas, mungkin akan ada orang yang protes karena tidak mendapatkan beberapa hal diatas meskipun sudah bertahun tahun menonton anime, karena beberapa orang juga pernah berkata begitu kepada saya.

Kalau saya sih memiliki cara untuk bisa belajar dengan metode anime, karena memang tidak se simple itu untuk mendapatkan manfaat diatas, ada metode yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil yang baik.

Metode yang akan saya share kali ini efektif untuk saya, namun bisa jadi juga tidak pas dengan metode pembelajaran kamu, maka sesuaikan saja dengan kebutuhan terbaik untuk menunjang pembelajaran kamu.

Tonton Anime Dengan Cerita Ringan

Tips Pertama, tontonlah anime yang memiliki jalan cerita yang ringan, karena biasanya bahasa yang digunakan juga adalah bahasa sehari hari yang mudah difahami oleh pemula sekalipun.

Berbeda cerita jika kamu menonton anime yang ceritanya berat seperti Shingeki no Kyojin yang akan banyak menggunakan bahasa militer atau Shokugeki no Souma yang banyak akan menyebutkan bahan, bumbu dan cara masak yang akan susah dicerna untuk pemula.

Bagi saya genre romance, school, dan drama adakag genre yang ringan dan cocok untuk dijadikan pembelajaran, tapi bisa jadi sudut pandang kita berbeda, jadi tonton yang menurut kamu alurnya ringan dulu.

Tonton Anime Untuk Anak Anak

Selain menonton anime yang alurnya tidak terlalu berat, saran saya adalah menonton anime yang ditujukan untuk anak anak seperti doraemon misalnya.

Karena anime yang mengejar market anak anak bahasa yang digunakan juga adalah bahasa yang mudah dimengerti, salah satu anime anak yang saya sukai adalah Non Non Biyori, nonton nya fun banget dan bisa belajar dari setiap adegan yang ada didalamnya.

Gunakan Subtitle di Awal

Selanjutnya adalah gunakan subtitle dulu di awal menonton nya, agar bisa tau cerita, maksud pembicaraan dan juga makna pada setiap percakapan.

Menurut saya penggunaan subtitle di awal ini sangat penting untuk memperkaya kosa kata, karena jika kosa kata kita masih sedikit dan dari awal memaksakan nonton anime tanpa subtitle, akan kesusahan untuk mencerna maknanya.

Itulah mengapa saya menyarankan untuk menonton dengan subtitle di awal.

Nonton Ulang Tanpa Subtitle

Setelah menamatkan satu judul anime dengan menggunakan subtitle, maka selanjutnya kamu bisa menonton ulang anime tersebut tanpa subtitle untuk mengetes dan menguji kemampuan kamu.

Hal ini akan lebih baik daripada dari awal langsung tidak menggunakan subtitle, karena saat menonton ulang kita sudah tau alur dan topik pembicaraan yang ada dalam anime.

Untuk waktunya, kapan boleh di tonton ulang. Itu selera masing masing, bisa langsung ditonton ulang pada waktu yang berdekatan, atau kalau saya biasanya nonton anime lain dulu, dan ketika ingin menonton anime lama baru saya tonton ulang dengan versi tanpa subtitle.

Kasih Reaksi Jika Diperlukan

Terakhir adalah dengan memberikan reaksi jika diperlukan, ini adalah salah satu metode yang saya gunakan untuk membiasakan diri dalam penggunaan bahasa jepang.

Saya sering bergumam sendiri, memberikan reaksi kepada beberapa kondisi yang ada di anime dengan menggunakan bahasa Jepang. Hal ini melatih saya untuk menysun kalimat dalam bahasa Jepang.

Banyak anime yang saya tonton sering sekali saya memberikan reaksi di beberapa situasi, tapi ini saya lakukan ketika saya sedang menonton animenya sendiri ya, tidak akan saya lakukan ketika sedang ada orang lain, karena nanti dikiranya aneh wkwk.

Baca Juga Artikel Terkait :
✦ Tips Menghafalkan Huruf Kanji
✦ Tips Menulis Huruf Kanji Mudah
✦ Tips Menghafal Huruf Hiragana dan Katakana

Penutup

Sepertinya cukup dulu pembahasan saya kali ini tentang Tips Belajar Bahasa Jepang Dengan Nonton Anime semoga bisa mudah dimengerti dan mudah dipraktekkan.

Sampai jumpa di artikel Bahasa Jepang Asik selanjutnya, Mate ne πŸ™‚

Saya update dan sharing tentang Bahasa Jepang juga di Instagram. UPDATE SETIAP HARI.
Follow ya minna, yang ingin tanya tanya bisa langsung DM aja.

Follow IG @Kejepangan

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Teman Kamu.
Muhammad Maulana Ahsan Seorang pelajar Bahasa Jepang yang menyukai Anime dan Jejepangan, dan sekarang sedang mendalami dunia online marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *